Sunday, February 8, 2009

Mengatasi masalah koneksi IM2 yang Buruk

indosatm2 broadband anywareIM2 broadband ternama asal indonesia dan merupakan anak perusahaan dari Indosat cukup terkenal di bidang broadband. Tapi tetap saja masalah selalu ada dalam koneksi internet apalagi di bidang layanan wireless broadbandnya. Tidak cukup bagus untuk dibilang terbaik. Malam ini misalnya, rasanya susah banget untuk koneksi ke jaringan IM2 nya. Modem ZTE gw selalu ngasih pesen remote host could not established. Ga tau tuh kenapa? tapi katanya mas henry di blognya itu disebabkan masalah di perangkat RADIUS-nya indosat. Kata mas henry RADIUS itu adalah sebuah protocol AAA (Authentication, Authorization, Accounting) untuk network resource. Jadi di dalamnya menampung data username dan password client.

im2 downKalo menurut analisa gw, biasanya susahnya koneksi ke jaringan pada saat awal kita melakukan koneksi. Penyebabnya modem sulit mencari/memilah jaringan karena pada saat itu jaringan sedang sibuk-sibuknya. Sama seperti halnya kita lagi sms-an tiba-tiba kita ga bisa telpon atau sms padahal sinyal penuh. Apakah penyebabnya?

Pertanyaan itu bikin gw penasaran banget pengen cari apa sih sebab dan pengen tau gimana solusinya, biasanya klo kita udah kebingungan customer service-lah yang jadi andalan. Tapi, untuk IM2 gw rasa tuh CS nya ga 24 jam jam 10 malam tadi gw sempet telpon berulang-ulang sampe 3 x klo ga salah tapi hasilnya 0 besar!

Biasalah ide pasti dateng kalo lagi kepepet.. hihi.. Setelah berulan-ulang tetep gagal juga konek ke internet akhirnya gw punya ide untuk memilih jaringan secara manual. Ya dan ternyata memang benar, setelah gw pilih jaringan manual, loading bentaran nyari jaringan terus kalo gw kan pake IM2, nah gw pilih yang SAT-C tapi yang tipe jaringannya 3G, terus setelah dipilih jaringannya secara manual baru deh gw coba konekin lagi ke jaringan / internet.

Dan.. Taraa... modem berhasil terkoneksi ke jaringan / internet, ga lama. cuma beberapa detik aja.. Bagi yang suka dan juga ngalamin seperti yang gw alamin. Sinyal ada tapi ga bisa konek, maka solusinya adalah memilih jaringan secara manual. Selamat Mencoba :)

13 comments:

Anonymous said...

Indosatm2

Kadang tidak memperhatikan banyaknya jumlah pelanggan dengan kapasitas infrastuktur yang ada. Jadi marketing nya tidak sejalan dengan Operasional. Besar pasak dari tiang.

Mengenai Radius mereka memang sering trouble :

Informasi Pemeliharaan Radius
Bapak/Ibu pelanggan IM2 Broadband Internet yang terhormat,

Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu terhadap layanan IM2 Broadband Internet.

Sebagai upaya untuk terus meningkatkan performansi atas layanan Internet Broadband yang Bapak/Ibu gunakan, bersama ini kami informasikan bahwa akan dilakukan Pemeliharaan pada Radius, yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Pebruari 2009, Pkl. 03.00 – 03:15 WIB.

Perlu kami informasikan bahwa selama pekerjaan tersebut berlangsung, Bapak/Ibu akan mengalami kesulitan untuk melakukan koneksi. Namun apabila Bapak/Ibu telah tersambung dan tengah menggunakan koneksi internet, maka layanan tetap dapat digunakan dengan nyaman.

Untuk itu, bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan layanan internet pada waktu tersebut diatas, silahkan melakukan koneksi sebelum pukul 03:00 WIB atau setelah pukul.03:15 WIB.

Kami berharap bahwa dengan dilakukannya pemeliharaan pada radius tersebut dapat memberikan kemanan serta kenyamanan lebih atas layanan Internet Broadband yang Bapak/Ibu gunakan.

Atas perhatian yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

Salam hormat,
Customer Service Manager


Nanan D. Machdi

wong_udik said...

wah.. Terimakasih pa Machdi nih pemeritahuan + keterangan langsung dari Customer Service Managernya indosatm2.

semoga pelanggan-pelanggan indosatm2 yang lain mendapat klarifikasi yang jelas :) dan semoga modem ZTE gw tetep laku :D amiin

Arif said...

Nggak bakalan lagi pake im2 terlanjur sakit hati.
Ngomong2 modem tanpa im2 jd brp?

wong_udik said...

wah.. ada pelanggan yang terlanjur sakit hati tuh.. gimana ya??

sebenernya gw juga hampir sakit hati sih.. tpi karena murah dan akhirnya nemu cara yang sampe sekarang masih lancar-lancar aja internetannya.. jadi im2 masih lumayan lah di mata gw.. ya im2 menurut gw menang di murah aja.. lagian unlimited .. hihi..

UntuNge Buanget said...

mas mau tanya??pa komputer juga ngaruh pada kecepatan koneksi..jika Qt pake modem IM2..
maklum masih awam..hueeheeheheh

wong_udik said...

bro untung iyap, btul sekali bro, kecepatan komputer bisa berpengaruh pada kecepatan koneksi.. Karena koneksi komputer kita ke internet adalah sebuah proses request yang dilakukan komputer client ke komputer server, semakin cepat proses requestnya semakin cepat juga koneksinya :)
begitu juga pada modem IM2.. yang terhubung ke komputer lewat port USB :)

Anonymous said...

sorry..
gw kebetulan search dengan keyword "buruknya layanan im2" eh..nemu blog ini..
gw mo tanya, maksutnya dengan cara manual tuh gmn yah? gak ngerti gw..maklum..gaptek!
gw modemnya globe trotter icon 225.. gmn cara manual? di modem apa setting kompinya?
thx yak!

Dipaprana said...
This comment has been removed by the author.
Dipaprana said...

Maaf, kau modemnya pake merk apa? Kalo bukan yang dikasi dari indosat (beli paket bundle), terus merknya apa&ente belinya di mana? Thx

wong_udik said...

oup...cara manual yang dimaksud adalah memilih jaringan secara manual sama kaya handphone atau gadget lainnya, biasanya di menu setting ada pilihan menu network dan disitu biasanya ada pilihan manual atau otomatis.

secara default setting modem im2 itu otomatis tetapi kita bisa merubahnya jadi manual..gitu..met mencoba yap!

Buat Dipaprana, modemnya merk ZTE typenya MF620.. ane kbetulan langsung beli di kantor indosatm2 nya dan kebetulan ane juga jualan modem im2.. :D

Anonymous said...

bgini....
saya juga mengalami hal yg sama.
lalu saya juga mencoba connect menggunakan cara manual..
tapi dapetnya 2G, jadi plg hanya GPRS atau EDGE..
gmn tuh ya.. sengsara saya pake EDGE, lambatnya mnta ampun...

wong_udik said...

lokasi anda dmna?
Ya memang kalo internetan menggunakan jaringan GSM begitu kendalanya. sinyal kadang tidak stabil. Faktor modem juga pengaruh lho.. walopun tidak banyak.
Saya di Jakarta selama ini lancar saja, hanya kalo quota sudah habis saja jadi lambat deh..

and'z said...

daerah jakbar lancar jaya mas.. hehehe mantep im2

Dapatkan artikel dan berita teknologi, komputer, social media terbaru langsung lewat email anda

Share

About Me

My photo
Seorang pelajar, yang tidak akan pensiun dari pekerjaannya. dilahirkan di Jakrta dan bertempat tinggal di bangka yang penuh arti dalam kehidupan ku di kemudian hari...Command : Hurry Up!! Many Jobs awaiting you! now shutdown the computer and get rest for hours so you will get up freshly