Google Mencuri Hak Cipta, Dituntut $ US 2 Juta

berita google android dituntut
Berita Komputer - $ US 2 Juta tuntutan yang dilayangkan kepada Google, Inc perusahaan IT Amerika karena diduga mencuri hak cipta penggunaan nama Android. Sang penggugat juga adalah perusahaan asal Amerika Serikat yaitu Android Data Corp yang bergerak dibidang IT juga.

Ceritanya gini, si Android Data Corp ini memiliki Hak Cipta atas nama Android Dungeon sebuah software remote administration untuk e-commerce, Hak Cipta atas nama android ini didapatkan oleh Android Data Corp pada Oktober 2002 oleh US Patent and Trademark Office (USPTO). Sedangkan Google membuat sebuah OS (Operating System) untuk mobile, iphone, mini laptop dengan nama Android juga, Google tercatat juga mendaftarkan anma Android pada Oktober 2007 namun pada Februari 2008 USPTO menolaknya. Si penuntut Android Data Corp gak terima kalo Brandnya selama ini yaitu "Android" diambil alih sama google, karena itu mereka menuntut Google inc di pengadilan Chicago, Amerika Serikat.



Android Data Corp ini menuntut Google dan perusahaan mana pun yang menggunakan nama Android untuk mneghapus dan merubah nama juga mereka menuntut Google dkk ganti rugi sebesar USD 2 Juta (baca:Dua Juta US Dollar).

Wah parah gara-gara salah pake nama bisa dituntut segitu banyak, tapi duit segitu ga ada apa-apanya buat google. Tapi Nama baik jadi tercemar deh.. pelajaran berharga bagi kita semua untuk menghargai hasil karya orang lain, termasuk kita yang suka bikin blog. Sebisa mungkin hindari copy paste, karena blog juga hasil karya cipta walopun ga ada hak cipta nya wong gratis :D
Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama