Monday, May 11, 2009

Nested IF, Membuat Header Khusus pada Blogger

Pada Template Blogger baru kita bisa menggunakan If atau Nested If, di sini kita akan bermain dengan If, gw pengen ambil contoh kasus Header Blog pada blog gw..

Pada blog eksplore ini, gw pengen mengganti header blog ini dengan kata "tukang nggame" hanya jika halaman blog gw sedang ada pada halaman ini "http://eksplore.blogspot.com/2009/04/tukang-nggame.html", gw pengen optimisasi kata kunci tukang nggame untuk halaman tukang nggame itu..

Ga puyeng kan bro? Oke untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar berikut :

Click -> Zoom In


Pada Gambar di atas, terdapat 3 (tiga) kondisi yang berbeda.
  1. Kondisi pertama adalah posisi url blog menunjukkan homepage alias halaman utama dengan Header blog "Eksplore"
  2. Kondisi kedua adalah posisi url blog menunjukkan suatu halaman posting lain atau bukan homepage dengan Header blog "Eksplore dengan link ke homepage"
  3. kondisi ketiga adalah posisi url blog menunjukkan halaman target yang gw mau optimisasi yaitu halaman tukang nggame dengan header blog "tukang nggame"

Bagaimana bisa setiap halaman berbeda Header blognya? ada 3 (tiga) kondisi berbeda yang akan kita capai seperti diatas, karena itu kita menggunakan Nested if.

Sekarang kita perhatikan Script/Code defaultnya blogger..

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
  <data:title>
<b:else>
  <a expr:href='data:blog.homepageUrl'><data:title></data:title></a>
</b:if>

Script/Kode di atas menunjukkan Jika url blog pada posisi homepage (kondisi pertama) maka yang akan ditampilkan adalah Header blog, selain itu Header blog akan menampilkan Header blog + Link menuju Homepage (kondisi kedua).

Karena kita punya 3 (tiga) kondisi, yaitu gw pengen halaman target (Halaman tukang nggame) mempunyai header khusus yaitu "tukang nggame", untuk itu kita akan menyisipkan script/code defaultnya blogger dengan satu if tambahan dan menjadikannya nested if. berikut script/code yang akan kita sisipkan.

<b:if cond='data:blog.url == "http://eksplore.blogspot.com/2009/04/tukang-nggame.html"'>
  tukang nggame
</b:if>

Logika script/code di atas adalah jika url blog ada pada http://eksplore.blogspot.com/2009/04/tukang-nggame.html maka header blog berubah menjadi "tukang nggame"

Oke langsung aja kita satukan script/code diatas menjadi satu....

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
  <data:title>
<b:else>
  <b:if cond='data:blog.url == "http://eksplore.blogspot.com/2009/04/tukang-nggame.html"'>
    tukang nggame
  <b:else>
    <a expr:href='data:blog.homepageUrl'><data:title></data:title></a>
  </b:if>
</b:if>


Jadi, Urutan Logikanya menjadi,
Jika urlnya Homepage maka kondisi pertama selain itu jika urlnya "http://eksplore.blogspot.com/2009/04/tukang-nggame.html" maka kondisi ketiga selain itu kondisi kedua.

Oke, sampe di sini dulu tutorial membuat header khusus untuk optimisasi search engine menggunakan nested if - selamat mengoprek :)

Patut dilihat - Tukang Nggame

2 comments:

go_margo said...

mantap bos............

berita said...

Siap pak....!

Akal-akalan doang tapi ternyata masih kurang usahanya nih :D

Dapatkan artikel dan berita teknologi, komputer, social media terbaru langsung lewat email anda

Share

About Me

My photo
Seorang pelajar, yang tidak akan pensiun dari pekerjaannya. dilahirkan di Jakrta dan bertempat tinggal di bangka yang penuh arti dalam kehidupan ku di kemudian hari...Command : Hurry Up!! Many Jobs awaiting you! now shutdown the computer and get rest for hours so you will get up freshly