Mereka Menyebutnya Virus Google (W32/SmallTroj.VPCG)

Bebearapa hari yang lalu saya membuka web vaksin.com dan melihat artikel terbaru yang menceritakan tentang "virus google", yang ternyata virus ini menjangkiti notebook ION kesayangan saya. Virus Lokal ini memiliki teknik rootkit yang mengekploitasi Google! Apa maksutnya mengeksploitasi Google??

Dipenghujung tahun 2009 ini, dimanfaatkan oleh para pembuat virus untuk menghasilkan karya-karya yang bisa dijadikan kebanggaan bagi mereka. Sudah tak terhitung sudah berapa banyak virus-virus yang dihasilkan sepanjang bulan November-Desember 2009 ini yang rata-rata mempunyai daya sebar yang sangat cepat dan cukup merepotkan, mulai dari virus yang menyebar dengan memafaatkan facebook atau memanfaatkan aplikasi chat seperti yahoo messager dan media-media yang umum digunakan oleh user sehingga mempermudah dalam penyebaranya.

Selain kedua virus tersebut, baru-baru ini telah muncul satu virus lain ikut merampaikan “acara” tutup tahun ini, walaupun virus ini dibuat dengan program bahasa Visual Basic tetapi efek yang dihasilkan cukup merepotkan, ia akan melakukan blok terhadap ”hampir” semua tools security termasuk antivirus yang umum sering digunakan oleh user dengan cara membaca ”nama file” dari aplikasi tersebut.

Yaitu salah satu dampak dari virus ini, memblokir beberapa website tertentu dan mengalihkannya ke ip 209.85.225.99 milik www.google.com, sehingga jika kita membuka web tertentu tersebut kita akan mendapati halaman home google.com. Daftar website yang diblokir oleh virus/trojan ini antara lain. guru.avg.com, www.kaskus.us, www.mcafee.com, search.mcafee.com, dan masih banyak lagi.

Listnya terdapat di file "hosts" yang ada pada direktori C:\Windows\System32\Drivers\Etc\,

Beberapa antivirus lokal sudah mendeteksi virus jenis ini, antara lain smadav. Namun belum bisa tuntas membersihkan virus ini.

informasi cara menangani virus 'google' ini bisa dilihat di artikel http://vaksin.com/2009/1209/google/google.html
Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama