Pelajaran Microsoft Excel Kelas 2 SMP Pertemuan 1 : Games

Alhamdulillah, hari pertama belajar pun tiba... kelas pertama yang saya masuki adalah kelas 2 b di SMPIT Darul Quran. ~SMPIT ya bukan SMP IT~ karena di sekolah kami kurikulum pelajaran TIK sedikit di upgrade jadi di awal tahun ajaran baru ini saya langsung masuk pada materi Microsoft Excel, kalau kurikulum diknas harusnya Microsoft Word dulu tapi di SMPIT DQ Mic. Word sudah diberikan terlebih dahulu di kelas 1.

Baik setelah basa-basi dengan anak2 kita langsung menuju lab saja untuk SEMANGAT! belajar dan mengajar. Games! ya Games selalu jadi daya tarik tersendiri, jujur aja anak-anak paling semangat belajar TIK tu mungkin karena ada gamenya di Lab komp. ups! tapi klo ketauan main game anak2 tak jewer ampe merah kuppingnya ;)). Games penyemangat belajar untuk perkenalan Excel yang satu ini memang selalu jadi andalan saya walaupun bukan seperti games sebenarnya lebih seperti Quizz.



Begini games excelnya :
  1. Setiap siswa sudah harus membuka program microsoft excel terlebih dahulu
  2. Kemudian dijelaskan sedikit tentang Excel. Excel terdiri dari cell2 dan tersusun berkolom-kolom dan berbaris-baris..bla..bla..bla...
  3. Perintahnya, setiap siswa dilombakan untuk mencari tahu berapa jumlah baris yang dimiliki oleh Microsoft Excel. yang tercepat tahu dapat nilai plus.
  4. setiap siswa dilombakan pula untuk mencari tahu apa kolom terakhir yang dimiliki oleh Microsoft Excel. yang tercepat tentu dapat nilai plus.
  5. Sederhana kan? :D
Jawaban Quiz 1 : kolom terakhir di Microsoft Excel 2007 adalah sampai dengan kolom XFD sedangkan baris paling akhir di Microsoft Excel 2007 adalah baris ke 1,048,576

Di sela-sela itu saya bercerita tentang pengertian dan kegunaan microsoft excel ~mereka harus mencatatnya dibuku wajib TIK, berhubung belum dapet buku paket dari pak kurikulum jadi harus dicatat! harus! walaupun memang dulu saya saja malas mencatat :p

~bersambung dulu ya.. sudah mau masuk kelas lagi :D
Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama