Belajar Singkat Node.JS dalam 12 Hari

Alhamdulillah, libur sekolah telah tiba :) bagi para siswa (kami menyebutnya santri di DQM) inilah saat dimana mereka dapat menghirup udara bebas mengamalkan ilmu yang mereka tuntut selama di Pesantren. Bagiku udara bebas ini pun juga berlaku :D, karenanya tidak elok jika udara bebas ini kuregup sedalam-dalamnya, kuhirup sejadi-jadinya tuk belajar sebuah bahasa baru yaitu NODE.JS

Untuk itu disetiap harinya akan kusisihkan beberapa jam untuk belajar node.js. yang hanya 14 hari dipotong 2 hari rihlah yayasan ke cikupa. Baiklah, node.js bukan bahasa yang benar-benar baru sesungguhnya dia adalah javascript namun uniknya berjalan di server! Ya kurang lebih 1 tahun yang lalu saya mengenalnya, sungguh menarik bahasa ini. Saya telah menginstallnya di laptop pribadi dan di komputer kantor namun sayangnya saya benar-benar belum fokus untuk mempelajarinya.

Baiklah, cara belajar node.js dalam 12 hari ini akan aku persingkat dengan cara-cara berikut ini :
  1. Mengikuti grup-grup node.js di Facebook dan Google+. Tujuannya tentunya agar punya komunitas, sesuai dengan HR Bukhari 5534 & Muslim 2628 tentang memilih teman. Kalau punya teman pinter node.js jika ada kesulitan dalam belajar tentu mudah untuk bertanya.
  2. Belajar dengan panduan buku. Nah yang satu ini memang butuh modal, tapi kenyataannya kalau mau pintar memang kita seharusnya membaca sebuah buku panduan yang menjadi rujukan.
  3. Practice make perfect. Istilah ini saya sering baca pada buku tulis bergaris saat di sekolah dasar dulu. Dan cara inilah pula yang mengantarkan saya menguasai HTML dan PHP. Untuk itu cara ini akan saya tempuh juga dalam 12 hari belajar node.js
3 cara di atas akan menjadi pegangan saya belajar node.js dalam 12 hari, semoga rencana ini berjalan dengan lancar. Aamiin. SEMANGAAAAT!!!
Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama