IP Private vs IP Public vs IP Static

IP Private Class A
10.0.0.0 - 10.255.255.255

IP Private Class B
172.16.0.0 - 172.31.255.255

IP Private Class C
192.168.0.0 - 192.168.255.255

List IP tersebut di atas merupakan tiga kelas IP address yg dapat anda gunakan pada jaringan lokal karena itu disebut IP Private. IP Private tidak akan digunakan pada jaringan internet, dan memang tidak bisa digunakan untuk jaringan public.

Nah sekarang apakah itu IP Public? IP Public adalah IP yang digunakan untuk jaringan internet. Setiap perangkat yang terhubung dengan internet pasti memiliki IP Public. Jadi IP Public bisa dikatakan adalah syarat sebuah perangkat terhubung ke Internet. Misalnya anda memiliki handphone dengan koneksi internet 3G, nah berarti handphone anda dipinjami IP Public oleh ISP/Operator gsm sebuah IP Public sehingga handphone anda dapat terhubung ke internet.

IP Static sering kali disebut oleh ISP sebagai fasilitas tambahan untuk pelanggan kelas bisnis. Biasanya dengan membayar biaya lebih kepada ISP, pelanggan akan diberikan fasilitas IP Static. Mengapa IP Static disebut layanan tambahan dan harganya bisa dibilang tidak murah.? Apa bedanya dengan IP Public biasa?

IP Static sesungguhnya merupakan IP Public yang tetap diberikan oleh ISP kepada pelanggan tertentu (biasanya kelas bisnis). Jadi IP Publicnya dibooking. Kalau pelanggan internet kartu GSM atau Speedy standar IP Public yang digunakan bersifat dinamis atau berubah-ubah setiap kali perangkat pertama kali melakukan koneksi ke internet.

Nah mengapa perlu static? Jelas arahnya kepada bisnis. Perusahaan hosting, cctv online, bank, rt-rw net, mereka menggunakan IP Static untuk dapat memberikan layanannya kepada customer mereka. Karena berbagai aplikasi hosting, banking, cctv online itu menuntut penggunanya memiliki IP Static.

Semoga sedikit penjelasan dari saya yang newbie ini dapat memberikan pencerahan bagi siapa pun yang membaca :). Thanks to visit my blog and lets Eksplore something new in your live! :)
Ahmad Alimuddin

Pegiat IT, pencinta startup. Pemrograman, Jaringan, Edukasi IT, makananku sehari-hari. Saat ini fokus kepada Pengembangan produk, product Management dan User Experience Research. Bapak dari 4 orang anak dari 1 istri :)

1 Komentar

  1. Terimakasih informasinya, saya jadi paham apa itu IP Private :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama